ANALISIS & SINTESIS

Jump to content

Additional information

Kategori

Renungan


Posts

Bersepeda ke Kampus

Feb 2012
29

Dulu sekitar tahun 2003, beberapa kali naik sepeda dari rumah ke kampus, dari kampus ke rumah. Hari ini, setelah sekitar 9 tahun absen, mulai lagi naik sepeda dari rumah-kampus bolak-balik, masih ditemani oleh Cannondale M400. Jumlah rumah di Bandung utara bertambah,  unit kendaraan bermotor semakin banyak, jalan dari rumah ke kampus tidak berubah. Akankah, suatu saat, kemacetan akan mendorong komuter beralih dari kendaraan bermotor ke sepeda? Meskipun bikeability koridor rumah-kantor buruk. Daripada sepeda lebih praktis motor?


AR5152 Analisis Kuantitatif

Nov 2010
27

AR5152 Analisis Kuantitatif, salah satu mata kuliah wajib bagi peserta Program Studi Magister Arsitektur alur riset (pada kurikulum 2008-2013). Pada mata kuliah ini dibahas metode-metode analisis kuantitatif yang sering digunakan pada penelitian arsitektur. Metode analisis kuantitatiif (=statistik) yang dibahas di kelas, analisis univariat : distribusi; analisis bivariat : anova, koresponden, korelasi dan regresi; analisis multivariat : korelasi, regresi, principal component analysis, factor analysis dan cluster analysis. SEM (structural equation modeling) hanya dibahas di program doktor, tidak dibahas di program magister.

Selain membahas metode-metode analisis data seperti tersebut di atas, perkuliahan AR5152 juga dilengkapi dengan latihan pengumpulan data dengan cara observasi dan survey. Kegiatan latihan pengumpulan data bertujuan mahasiswa memiliki pemahaman yang utuh dari metode pengumpulan data, format pengumpulan data, bentuk dan jenis data yang diperoleh hingga kemungkinan penggunaan metode analisis data tertentu yang disesuaikan dengan bentuk dan jenis data yang diperoleh.

Untuk mempermudah pemahaman, mata kuliah AR5152 menggunakan textbook : Reading and Understanding Multivariate Statistics (Grim & Yarnord, 1995) dan Reading and Understanding More Multivariate Statistics (Grim & Yarnold, 2000). Masing-masing chapter pada dua buku tersebut membahas satu metode analisis tertentu secara konseptual. Pembaca akan dapat memahami fungsi dan prinsip-prinsip penggunaan metode analisis dan kemungkinan temuannya tanpa bingung dengan formula (spt yang biasanya ditampilkan pada buku statistik). Buku ini sangat cocok untuk pengguna statistik yang ingin memahami metode analisis data kuantitatif, tanpa harus menjadi ahli statistik seperti seorang ahli statistik dari bidang matematika.


Buku Acuan untuk Riset Kualitatif dan Kuantitatif

Dec 2009
17

51e265rha9l__ss500_Buku yang perlu dibaca jika ingin memahami riset/penelitian, metode riset kualitatif atau kuantitatif secara utuh dengan cepat dan mudah : ‘ Educational Research: Planning, Conducting, and Evaluating Quantitative and Qualitative Research‘ yang ditulis oleh John W. Creswell. Dibandingkan buku Creswell yang lain, juga dibandingkan dengan buku-buku metodologi penelitian yang lain, buku ini paling lengkap dan sangat mudah dipahami. Buku ini digunakan sebagai textbook AR5151 Metodologi Riset, salah satu mata-kuliah program magister di Program Studi Arsitektur SAPPK ITB.


Metode Pengumpulan Data

Oct 2009
15

Istilah ‘metode pengumpulan data’ digunakan pada penelitian/riset. Metode yang digunakan dalam pengumpulan data sama dengan metode untuk mencari informasi atau metode belajar untuk menjadi tahu tentang sesuatu. Metode pengumpulan data penelitian untuk perencanaan/perancangan arsitektur/kota  dibagi dalam tiga kelompok : survey, observasi dan arsip. Metode survey umumnya dikerjakan dengan : kuesioner, wawancara, mapping dan sorting. Ciri khas survey : komunikasi dengan orang lain atau sumber data, langsung ataupun tidak langsung. Observasi dikerjakan dengan mengamati tanpa alat atau dengan alat, sebagai insider ataupun outsider. Arsip: pengumpulan data dari literatur, dokumen atau media massa.

Pembahasan lebih detail metode pengumpulan data pada kuliah AR2211 Pendekatan dan Metode Perancangan (utk S1 kurikulum 2008-2013), AR5151 Metodologi Riset dan AR5152 Analisis Kuantitatif (utk S2 kurikulum 2008-2013), di Prodi Arsitektur ITB.


Penelitian/Riset?

Oct 2009
14

Arti/definisi penelitian/riset : rangkaian kegiatan mengumpulkan dan menganalisis data untuk mendapatkan pemahaman yang lebih baik. Tiga kata kunci penting dari penelitian : pengumpulan data, analisis data dan pemahaman lebih baik. Tiga kegiatan tersebut merupakan sekuens yang tidak bisa dibalik. Pengumpulan data dikerjakan dulu, kemudian data dianalisis dan dari interpretasi temuan analisis diperoleh pemahaman lebih baik. Penelitian tidak mungkin dikerjakan tanpa pengumpulan data. Penelitian juga tidak mungkin dikerjakan tanpa analisis data. Kegiatan mengumpulkan data tanpa analisis data tidak bisa disebut penelitian. Pemahaman yang lebih baik atas sesuatu tidak mungkin diperoleh hanya dengan pengumpulan data dan tanpa analisis data. Penelitian tidak berguna jika tidak diperoleh pemahaman lebih baik atas sesuatu. Pemahaman yang lebih baik = pengetahuan baru.

Di Program Studi Arsitektur ITB, metode analisis data kuantitatif dibahas dalam kuliah AR5152 Analisis Kuantitatif (mk S2 riset kurikulum 2008-2013) dan AR7005 Statistik Terapan (mk S3 kurikulum 2008-2013).


Paging

Credits

Template designed by praegnanz.de.