ARSITEKTUR ITB

Single Blog Title

This is a single blog caption
22 May 2016

Nyamannya Nugas di Caffe Bene

15213055 | Cathrine

Caffe Bene merupakan sebuah coffee shop yang berasal dari Negara Korea yang terletak di Jl. Ir. H. Juanda No.155, Bandung, Jawa Barat. Caffe Bene beroperasi setiap harinya dari pukul 09.00 hingga 22.00, namun khusus hari sabtu dan minggu jam operasi Caffe Bene bertambah hingga pukul 23.00. Menu yang ditawarkan disini adalah berbagai jenis kopi dan minuman seperti yoghurt, juice dan ice blend. Caffe Bene juga menjual berbagai makanan dan dessert seperti pasta, waffle, cake, muffin, ice cream dan lain-lain. Selain berfungsi sebagai kedai kopi, Caffe Bene juga menyediakan ruang meeting yang dapat disewakan.

Ketika masuk, pengunjung akan berhadapan langsung dengan counter pemesanan dimana pengunjung bisa memesan makanan atau minuman dan menyelesaikan transaksi pembayaran. Kemudian pengunjung bebas mem
ilih tempat duduk di
tempat yang diinginkan. Caffe Bene menyediakan ruang indoor dan ruang outdoor bagi pengunjungnya untuk bersantai sambil menikmati hidangan. Ruang outdoor berada di samping kiri dan kanan ruang indoor yang dipisahkan melalui pintu kaca sehingga pengunjung yang merokok bisa menggunakan ruang outdoor dan tidak mengganggu kenyaman pengunjung lain yang tidak merorok. Ruang indoor menggunakan penghawaan buatan yaitu AC yang membuat ruangan terasa sejuk dan nyaman.

Kursi dan meja yang terbuat dari kayu yang diatur secara rapi dan siap untuk ditempati pengunjung. Selain menggunakan
material kayu untuk perabot kursi dan meja, kayu juga digunakan sebagai bahan penutup langit-langit serta perabot-perabot pelengkap lainnya. Material kayu kemudian dikombinasikan dengan material dinding beton yang diekspos serta diberikan sedikit nuansa hijau melalui pohon-pohon di dalam pot dan tanaman artifisial di dalam ruangan. Warna-warna yang sederhana juga dikombinasikan untuk melengkapi kesatuan ambience yang ingin diciptakan di dalam ruang.

Keberadaan kedai kopi di Indonesia sekarang ini sangat digemari oleh masyarakat. Caffe Bene yang terletak di lokasi strategis ini ramai dikunjungi baik oleh mahasiswa, pekerja kantor maupun keluarga. Banyak mahasiswa dan anak muda termasuk saya yang sangat sering mengerjakan tugas atau sekedar berdiskusi santai di kedai kopi ini. Selain mahasiswa, juga banyak pekerja kantor yang menghabiskan waktu makan siang sambil berbincang dengan rekan kerja atau bahkan meeting dan bertemu client. Caffe Bene semakin ramai saat weekend karena banyak pengunjung dari luar kota yang datang ke tempat ini untuk bersantai dan menikmati kopi khas milik Caffe Bene.

Selain karena kenikmatan hidangan dan lokasi strategis yang dimiliki Caffe Bene, kedai kopi ini juga ramai dikunjungi karena kenyamanan suasana yang ditawarkannya. Perpaduan material kayu dan beton serta pengaturan pencahayaan dan perpaduan warna yang baik menimbulkan kesan sederhana dengan sedikit stimulus sehinggIMG_3173a memberikan rasa nyaman bagi pengunjung. Itulah sebabnya kedai kopi ini ramai dikunjungi oleh mahasiswa dan pekerja kantor yang sudah penat belajar ataupun mengerjakan tugas dan bekerja sehari-harinya. Kenyama
nan suasana di Caffe Bene juga dilengkapi dengan alunan musik yang mengalun lembut membuat pengunjung merasa relax dan santai. Playlist dipenuhi dengan pilihan lagu-lagu Korea yang sekarang ini sedang marak digemari oleh masyarakat Indonesia.

Fasilitas yang disediaIMG_3185kan oleh Caffe Bene juga menyebabkan kedai kopi ini ramai dikunjungi mahasiswa yang sengaja berlama-lama untuk mengerjakan tugas di kedai kopi ini. Terdapat sebuah zona di dalam ruangan indoor kafe yang meyediakan beberapa sambungan ke sumber listrik, sehingga pengunjung bisa sambil mengerjakan tugas dengan laptop atau sekedar mengisi
baterai handphone atau tab miliknya. Selain itu pemilihan furniture yang sesuai dengan proporsi tubuh manusia dan nyaman untuk digunakan juga mendukung kenyamanan dari pengunjung. Tak sedikit saya melihat mahasiswa yang sedang mengerjakan tugas hingga tertidur sejenak di tempat duduknya akibat suasana dan posisi duduk yang sangat nyaman yang berhasil diciptakan dari desain arsitektur dan interior ruangan.

IMG_3196Kenyamanan dan ambience yang ditimbulkan dari rancangan desain suatu ruang sangat mempengaruhi perilaku pengguna ruang. Pengguna ruang bisa merasakan sensasi tersendiri untuk merespon suasana yang diciptakan dari desain ruang tersebut. Caffe Bene berhasil menciptakan kenyamanan ruang dan tempat bagi pengunjungnya. Tak heran jika  kedai kopi ini selalu ramai dikunjungi, terutama oleh mahasiswa yang seringkali mencari tempat yang nyaman untuk mengerjakan tugas bersama atau sekedar bersantai melepas kepenatan.