ARSITEKTUR ITB

Single Blog Title

This is a single blog caption
22 May 2016

Kantor yang Fleksibel

15213024|Patricia Karen

CO&CO Space merupakan sebuah coworking space yang terletak dilantai atas bangunan bertingkat 2 di Jalan Dipati Ukur no. 5, Bandung.  Sasaran pengunjung CO&CO Space adalah para freelancer, professional, innovator, dan komunitas kreatif yang dapat bekerja bersama, bertemu dan berbagi pengalaman. Tempat ini menyediakan berbagai fasilitas bagi penyewanya yang terdiri dari public work space, loker, meeting space, outdoor space, lounge space, pantry, private office.

Public work space terletak di ruang depan dekat dengan tangga dengan jendela-jendela besar di samping ruangan serta atap miring. Dinding ruangan merupakan perpaduan warna yag didominasi cat putih, biru keabuan serta toska. Terdapat lampu-lampu alumunium gantung diatas meja sebagai penerangan serta beberapa perabot furniture yang berfungsi sebagai ornament hiasan. Pada bagian lantai merupakan plester semen tanpa penutup keramik. Ruangan kerja ini bersifat public dan bisa digunakan oleh seluruh penyewa secara bersama-sama.

Di tempat ini, para pekerja disediakan atmosfer bekerja layaknya berada di kantor. Namun fleksibilitas bekerja tentunya lebih fleksibel dibandingkan kantor konvensional pada umumnya. Adanya atmosfer kerja positif serta rekan kerja baik dari perusahaan sendiri maupun perusahaan lain dapat meningkatkan mood serta produktifitas kerja. Selain itu para pekerja dapat meningkatkan wawasan serta ilmu satu sama lain alibat dari interaksi yang tercipta didalam ruangan ini.

Pengaplikasian warna biru keabu-abuan serta putih dan sedikit hijau toska pada dinding serta lantai berwarna abu-abu menimbulkan kesan sejuk dan dingin pada ruangan. Sedangkan penggunaan furniture yang didominasi warna kayu menimbulkan kesan hangat serta elegan. Perpaduan hal-hal tersebut menimbulkan kesan  yang modern serta sederhana. Bukaan kaca jendela disamping meja memungkinkan cahaya alami masuk kedalam ruangan, hal ini menimbulkan kesan ruangan yang terbuka serta menenangkan.

Penggunaan furniture kayu serta bantal duduk dapat meningkatkan kenyamanan bagi penggunanya. Didalam ruangan terdapat ventilasi buatan berupa ac yang mengatur sirkulasi penghawaan udara. Pencahayaan dari jendela cukup untuk menerangi ruangan namun penambahan penerangan diatas meja agar cahaya lebih terdistribusi secara merata. Penggunaan warna cold dan warm menimbulkan keseimbangan serta kesan yang tidak berlebihan sehingga pengguna cenderung merasa nyaman serta rileks saat berada diruang tersebut untuk bekerja. Suasana didalam ruangan yang cenderung tidak terlalu berisik serta tenang menimbulkan kenyamanan untuk berkonsentrasi saat bekerja.

Sesuai dengan fungsi ruangan ini sebagai work space yang bersifat public, maka disediakan meja serta kursi berderet yang diatur agar dapat digunakan untuk bekerja bersama dan diskusi. Namun masih disediakan jarak antar kursi agar pengguna masih dapat bekerja secara nyaman diruang tersebut. Kesan yang ditimbulkan dari ruangan tersebut adalah ruang bekerja yang santai dengan para pengguna yang dapat berinteraksi dengan bebas dengan pengguna lain.