ARSITEKTUR ITB

Single Blog Title

This is a single blog caption
22 May 2016

Study with Style

//
Categories
/
Tags

15213092 | MAD

Eduplex Cafe & Co-working Space yang berlokasi di Jalan Dago 84 Bandung merupakan sebuah bangunan 3 lantai dengan lantai 1 yang difungsikan sebagai cafe dan lantai 2 dan 3 sebagai co-working space. Untuk dapat menikmati co-working spacenya kita harus membayar sejumlah Rp 30.000 untuk 3 jam pemakaian atau Rp 50.000 untuk 24 jam. Dalam tulisan ini saya khususkan untuk membahas Eduplex Cafe.

Eduplex, sesuai namanya, merupakan cafe bertema edukasi yang dikhususkan bagi para mahasiswa, pelajar, freelancer, atau komunitas yang ingin belajar atau bekerja bersama dengan suasana yang mendukung. Cafe yang beroperasi setiap hari selama 24 jam ini didukung oleh wifi yang relatif cepat dan juga stop kontak yang tersedia di setiap meja untuk mendukung produktivitas pengunjungnya. Selain itu Eduplex juga menyediakan berbagai makanan dari masakan indonesia sampai western dengan konsep cafetaria dan juga terdapat beberapa food tenant di bagian luar.

Mood

Dari luar, Eduplex berbentuk seperti rumah belanda, namun pada pemilihan cat yang didominasi abu,  kuning, dan oranye menimbulkan kesan vibrant dan playful yang sangat berbeda dengan kesan rumah belanda pada umumnya. Pada bagian luar Eduplex terdapat area cafe outdoor dengan beberapa food tenant yang berbentuk seperti teras berkanopi dengan desain dan warna-warna yang vibrant dan playful. 

Karena langit-langit rumah belanda yang tinggi dan juga dinding struktur yang tebal dan tidak terdapat kolom, kesan massive yang timbul diseimbangkan dengan terdapatnya banyak wall painting yang warnanya didominasi oleh warna kuning dan oranye pada dinding abu dan juga furnitur-furnitur dinding seperti rak, piring keramik, atau dekorasi-dekorasi lain yang memenuhi setiap dinding yang ada di Eduplex. Tidak ada satu dinding pun yang terlewatkan dengan dekorasi yang menimbulkan kesan playful dan tidak membosankan. Lantainya pun didesain dengan baik, terdapat kombinasi lantai ubin bercorak vintage dengan lantai kayu. Secara keseluruhan, desain interior pada Eduplex menimbulkan kesan yang vibrant, playful, dan tidak membosankan sehingga sangat mendukung para pengunjung yang kebanyakan mengerjakan tugas atau belajar dan menghabiskan waktu yang lama di Eduplex.

Suasana Eduplex Cafe

Kenyamanan

Setiap meja di Eduplex dilengkapi dengan kursi-kursi, sofa-sofa dan juga bantal-bantal sofa yang nyaman sehingga pengunjung tidak akan merasa lelah ketika berdiam lama di Eduplex untuk mengerjakan tugas bahkan sampai menginap. Pada area cafe indoor dibagi menjadi 2 area yaitu smoking area dan non-smoking area. Namun dua area tersebut hanya dibatasi oleh dinding yang terdapat bukaan lebar, sehingga jika ada pengunjung yang merokok di smoking area, asapnya dapat tercium oleh pengunjung yang berada di dekat batas area. Pada area cafe outdoor, dikhususkan untuk smoking area sehingga tidak akan mengganggu pengunjung yang tidak merokok.

Bukaan pada dinding bagian luar Eduplex Cafe

Bukaan pada dinding bagian luar Eduplex Cafe

Pada dinding-dinding bagian luar Eduplex, terdapat bukaan-bukaan yang cukup lebar sehingga udara dapat masuk dan keluar dengan mudah. Suasana di dalam ruangannya pun tidak tertutup. Namun jika pada siang hari dengan kondisi pengunjung ramai, Eduplex akan terasa sedikit panas. Air conditioner yang ada di dalam Eduplex ini terbilang banyak jumlahnya. Namun jika pada siang hari dan air conditioner dinyalakan, efeknya tidak begitu signifikan karena bukaan-bukaan pada dinding yang banyak dan dibiarkan terbuka sehingga udara dingin yang dihasilkan AC tidak terperangkap di dalam ruangan. Tapi secara keseluruhan, Eduplex Cafe ini merupakan tempat yang nyaman untuk dipakai mengerjakan tugas, belajar atau sekedar berkumpul dalam waktu yang lama, bahkan setiap malam terdapat beberapa mahasiswa yang menghabiskan malamnya di Eduplex untuk mendapatkan suasana yang mendukung produktivitasnya.