ARSITEKTUR ITB

Single Blog Title

This is a single blog caption
22 May 2016

Tiga Tahun Menatap Mercusuar yang Sama

//
Categories

15214005 | Nindyasti Dilla Himaya

Kota Malang merupakan kota yang disebut-sebut salah satu kota pendidikan, terutama di Jawa Timur. Tak heran sekolah-sekolah di Kota Malang memiliki kualitas yang bersaing satu sama lain. Tidak terkecuali sekolah saya, SMA Negeri 10 Malang, tempat saya menempuh pendidikan selama tiga tahun di kota orang. Hal spesial adalah sekolah ini memiliki dua kampus, dan saya sangat beruntung karena menempati kampus 2 yang berasrama. Lokasi SMA Negeri 10 Kampus 2 ini ada di Jalan Raya Tlogowaru, Kelurahan Tlogowaru, Kecamatan Kedungkandang, Kota Malang. Terkesan terletak di pinggiran kota, sekolah yang bergabung satu kawasan dengan asramanya ini dikelilingi kebun tebu-tebuan, hutan jati dan rumah-rumah warga. Berada di lahan yang lebih tinggi dari pusat kota, kompleks sekolah-asrama ini menyuguhkan pemandangan yang sangat indah.

Tempat tinggal saya selama tiga tahun SMA ini memiliki fasilitas dan gedung yang berdiri di atas tanah seluas kurang lebih 5 hektar. Awal saya menempatinya, tidak begitu saja terbangun lengkap seperti yang ada sekarang. Tiga tahun itu diwarnai pembangunan-pembangunan yang terlaksana sampai saya berada di bangku kelas 12. Ya, komplek boarding school ini berisi bangunan-bangunan baru yang bahkan baru dibuka saat saya masuk. Gedung-gedung tersebut diantaranya adalah asrama, kantor, ruang-ruang kelas, kantin, klinik, laboratorium, perpustakaan, gedung serbaguna, kebun yang beragam, dan lainnya. Tentu saja, seluruh bangunan ini memiliki kesan tersendiri bagi saya, positif maupun negatif, yang sampai kapanpun akan selalu membekas kenangan-kenangan di setiap detailnya.

Tiga Tahun Menatap Mercusuar yang Sama

Model Kompleks SMAN 10 Malang Kampus 2

Asrama, merupakan bangunan pertama yang siap dihuni kala itu. Kemudian disusul oleh gedung kelas yang ditempati kelas 12, berisi enam kelas. Saya, yang masih duduk di bangku kelas 10 saat itu seangkatan dan siswa kelas 11 lainnya bersekolah di kampus 1 Sawojajar yang berupa bangunan sekolah regular dan sekarang berusia hampir 17 tahun. Kami harus berangkat dan pulang menggunakan bis sekolah selama satu tahun, sembari menunggu gedung kelas lainnya layak dihuni. Tak khayal asrama di pagi hari memberikan suatu keadaan yang sibuk dimana siswa mengantri untuk mandi dan sarapan, serta bersiap untuk berangkat pukul 06.00. Assembly point di antara depan gedung A dan depan gedung B (Asrama putri dan putra) adalah hal yang lumrah untuk berkumpul para siswa, dengan rerumputan dan pepohonan kecil yang rindang.

Tempat tinggal atau asrama putri berada di gedung A. Asrama ini merupakan gedung tiga lantai dengan 10 kamar setiap lantai, yang dibagi menjadi 2 sisi, kanan dan kiri. Satu kamar terisi 5-8 orang yang bertanggung-jawab atas kebersihan dan kenyamanan di kamar masing-masing. Setiap 5 kamar ini terdapat 1 kamar mandi yang berisi 6 ruang dan 5 shower room. Di sisi bangunan terdapat ruang jemuran dan mesin cuci. Tengah tiap lantai terdapat lobby yang berisi meja belajar kelompok dan televisi, serta dua ruang tamu dan tempat cuci piring. Tangga ada di dua sisi di depan lobby mengelilingi void sampai lantai 3. Lobby adalah tempat yang sering digunakan untuk belajar bersama. Terdapat lantai yag meninggi yang dilapisi karpet untuk siswa duduk-duduk bersama maupun belajar atau berdiskusi. Semua setting asrama ini membuat seluruh penghuninya menikmati kenyamanan meskipun jauh dari rumah dan keluarga.

Tiga Tahun Menatap Mercusuar yang Sama

Gedung Asrama

Tiga Tahun Menatap Mercusuar yang Sama

Gedung Mercusuar

Aspek keamanan, privasi, dan fungsi gedung asrama ini tak perlu dipertanyakan lagi. Sistem keamanan dengan satpam di tiap asrama dan di pintu gerbang sangat berlaku. Tempat jaga satpam berada di lobby depan lantai 1 gedung asrama dengan tipe meja resepsionis sehingga monitoring dapat berlangsung dengan maksimal ke lobby dan tangga seluruh lantai, dengan privasi untuk ke blok kamar. Perizinan keluar masuk asrama harus jelas. Kunci kamar harus dititipkan di satpam sebelum berangkat sekolah. Penghuni gedung A yang mengunjungi teman di lobby gedung B harus mencatatkan namanya di daftar pengunjung. Begitu pula sebaliknya. Semua sistem yang ada di asrama sangat diatur ketat dan harus dipatuhi dengan peraturan-peraturan dari Kepala Asrama. Dari kamar yang menghadap ke arah barat, mata kita dapat menangkap pemandangan yang indah setiap hari, sunset dengan siluet mercusuar yang mejulang.

Tiga Tahun Menatap Mercusuar yang Sama

Pemandangan Sunset dari Kamar Asrama

Gedung kantor utama yang disebut gedung mercusuar ini merupakan bangunan yang unik, karena memang memiliki mercusuar yang menjulang tinggi meskipun fungsinya hanyalah sebagai simbolik sekolah, yang dinaungi Sampoerna Academy dan berlogo Mercusuar. Mercusuar ini memiliki total 5 lantai hingga ujung atasnya yang dilalui dengan tangga. Lantainya pun hanya bagian bordes yang memanjang sehingga dapat digunakan sebagai tempat penyimpanan barang kantor. Untuk menuju ujung harus menaiki tangga kayu vertikal. Gedung mercusuar ini berisi ruang kantor kepala sekolah, staff TU, staff akademik dan lainnya, sedangkan kantor guru berada di gedung kelas yang berjarak kurang lebih 100 meter dari gedung mercusuar. Gedung mercusuar ini memiliki sistem kemanan yang sangat ketat karena berisi arsip-arsip penting sehingga hanya dibuka saat jam sekolah saja.

Di depan gedung mercusuar terdapat taman rerumputan yang sering digunakan untuk berkumpul para siswa karena suasananya yang nyaman. Selain itu terdapat ‘jembatan’ yang menghubungkan lokasi asrama ke lokasi sekolah berupa jalan turun karena perbedaan ketinggian. Jalan yang biasa disebut jembatan cinta ini memiliki tempat duduk-duduk di sisi-sisinya yang digunakan siswa untuk berkumpul dan bermain, bahkan berkencan, karena di asrama tidak boleh keluar sembarangan. Adapun lingkungan sekolah yang berisi tiga gedung utama dengan lapangan rumput hijau di tengahnya, merupakan tempat belajar kami. Lapangan hijau yang berfungsi untuk berbagai macam kegiatan, untuk ekstrakulikuler, main bola sore hari, classmeeting, bahkan apel maupun upacara adalah tempat yang mengukir banyak cerita.

Tiga Tahun Menatap Mercusuar yang Sama

Kompeks Asrama SMAN 10 Malang Kampus 2

Tiga Tahun Menatap Mercusuar yang Sama

Lapangan Hijau

Begitulah tempat tinggal tiga tahun kami, siswa SMAN 10 Malang kampus 2 menempuh pendidikan dan kehidupan berasrama dengan berbagai pengalaman sebagai satu keluarga. Kesan mendalam yang kami dapatkan selama berada di tempat ini yang tidak akan pernah kami lupakan, dan akan selalu kami kenang.