ARSITEKTUR ITB

Single Blog Title

This is a single blog caption
22 May 2016

Kopi dalam Nuansa Café yang Hangat

15214085 | Widya Ayu Anindita

 

Noah’s Barn Coffeenery adalah sebuah kafe yang cukup terkenal di Bandung dengan beragam jenis kopi yang disajikan, dari kopi khas Indonesia hingga kopi luar negeri. Terdapat dua cabang dari kafe ini yaitu di Jalan Garuda No. 39 dan Jalan Dayang Sumbi No. 2. Selain kopi, Noah’s Barn Coffeenery ini juga menyajikan makanan ringan seperti cake, hingga makanan berat seperti pasta, soup, dan steak.

Kedua kafe ini memiliki desain interior yang serupa yaitu classic modern dengan nuansa cokelat ditambah pencahayaan yang temaram. Kafe cabang Garuda memiliki ruangan yang lebih kecil dengan kapasitas yang lebih sedikit, sementara kafe cabang Dayang Sumbi memiliki ruangan yang lebih luas dengan area dalam untuk yang tidak merokok dan area luar untuk yang merokok. Tapi untuk tulisan ini, penulis hanya akan mengulas Noah’s Barn cabang Dayang Sumbi.

Noah’s Barn Coffeenery sudah cukup terkenal di kalangan pecinta kopi dan banyak pengunjung yang datang setiap hari hanya untuk menikmati kopi sajiannya. Pengunjung juga biasanya cukup senang berlama-lama di kafe sambil mengobrol dengan teman-temannya, mengerjakan tugas, bahkan seperti penulis yang senang mampir ke kafe hanya untuk mengerjakan hobi menggambar sambil ditemani secangkir kopi. Lalu apa yang sebenarnya membuat pengunjung betah berlama-lama di kafe ini hingga datang kembali berkali-kali?

Racikan kopi yang beragam dan nikmat. Sajian utama dari kafe ini memang kopi, sehingga ketika memasuki ruangan wangi khas biji kopi langsung merangsang indera penciuman pengunjung. Bagi pecinta kopi, wangi ini tentu saja membuat jatuh cinta dan tak sabar untuk mencobanya. Tampilan kopi juga menarik karena dipercantik dengan adanya coffee art. Tidak hanya itu, makanan ringan lainnya pun tidak kalah enak, beberapa potong cake dengan berbagai cita rasa bisa menjadi pilihan untuk menemani kopi yang dipesan.

Gambar 2. Etalase dan Coffee Bar. Foto©Dokumentasi Pribadi, 2016.

Gambar 1. Etalase dan Coffee Bar. Foto©Dokumentasi Pribadi, 2016.

Interior desain yang nyaman membuat pengunjung menjadi betah berlama-lama disana. Begitu memasuki ruangan terdapat coffee bar, dimana pengunjung bisa duduk sambil melihat barista meracik kopi. Terdapat juga rak yang memajang berbagai alat meracik kopi. Dan juga meja display yang cantik menampilkan potongan-potongan kue yang menggugah selera. Pemandangan ini tentu memberikan kesan tersendiri karena mempertontonkan keahlian meracik kopi sambil melihat proses biji kopi menjadi minuman yang mengeluarkan wangi sedap dan rasa yang nikmat.

Noahs Barn Indoor (2)

Gambar 2. Interior yang Nyaman. Foto©Dokumentasi Pribadi, 2016.

Ruangan indoor tersusun dari sebuah meja panjang kayu yang dibuat menjadi kelompok kecil dengan sofa yang sangat nyaman. Penerangannya dibuat temaram sehingga menciptakan kesan yang lebih intim, hangat, dan rileks. Nuansa material kayu terdapat di meja dan dindingnya memantulkan cahaya dari lampu yang berwarna kuning. Susunan lampu gantung di atas meja display juga sangat menarik dilihat, sementara bagian dindingnya adalah komposisi antara bukaan, kaca buram, dan kayu sehingga menambah keindahan ruangan ini.

Noahs Barn Outdoor (1)

Gambar 3. Outdoor. Foto©Dokumentasi Pribadi, 2016.

Ruangan outdoor disusun oleh meja kecil dan meja besar yang menghadap ke taman di tengahnya. Taman tersebut ditumbuhi oleh banyak tanaman sehingga menciptakan kesan asri dan sejuk. Terlebih di tengahnya terdapat air terjun buatan kecil berbentuk setengah lingkaran. Pencahayaan alami pun masuk dengan leluasa ke area tersebut. Gemericik air, cahaya matahari, dan hijaunya tumbuhan memberikan komposisi dari pemandangan yang indah dan energic. Pada saat hujan, ruangan menjadi lebih temaram dan dengan adanya musik yang dilatari rintik hujan menciptakan suasana yang syahdu.

Gambar 5. Grand Piano Stage. Foto©Dokumentasi Pribadi, 2016.

Gambar 4. Grand Piano Stage. Foto©Dokumentasi Pribadi, 2016.

Diantara ruangan indoor dan outdoor terdapat area yang didominasi oleh sebuah grand piano. Beberapa kali terdapat live performance sehingga menciptakan kenangan tersendiri kepada pengunjungnya. Dengan posisinya yang berada ditengah, baik pengunjung yang memilih duduk di dalam maupun duduk di luar sama-sama dapat mendengarkan denting musiknya.

Tidak hanya sajian dan desain interiornya saja yang menarik bagi pengunjung, fasilitas dan keramahan pelayannya pun cukup memuaskan. Beberapa pengunjung yang datang untuk mengerjakan tugas disediakan fasilitas wifi dan charging. Pelayanan untuk memesan dan penyajiannya pun cukup cepat. Selalu ada pelayan yang bersiaga di beberapa titik sehingga memudahkan pengunjung apabila memerlukan sesuatu.

Gambar 6. Interaksi Pengunjung. Foto©Dokumentasi Pribadi, 2016.

Gambar 5. Interaksi Pengunjung. Foto©Dokumentasi Pribadi, 2016.

Dengan beberapa poin yang disebutkan di atas Noah’s Barn Coffeenery ini menyediakan perasaan yang nyaman dan hangat bagi setiap pengunjungnya karena kebutuhannya terpenuhi dan interaksi antar pengunjung dapat berjalan dengan baik. Baik ruang indoor maupun ruang outdoor mampu menghadirkan dua nuansa yang berbeda sehingga mempengaruhi pengunjung yang datang dan memaksa setiap orang untuk saling mengobrol. Pengunjung yang duduk di ruang indoor rata-rata merupakan pasangan atau yang mengerjakan tugas/diskusi karena area tersebut memberikan perasaan yang lebih intim, nyaman, serta terkesan lebih formal. Sementara pengunjung yang duduk di ruang outdoor adalah sekelompok teman atau keluarga yang lebih ramai dan santai. Sayangnya, meski tidak ada perbedaan pelayanan, apabila pengunjung datang sendiri seperti yang penulis lakukan, ada ketidaknyamanan karena tidak disediakan meja untuk dua orang atau meja bar yang terpisah.

Noah’s Barn Coffeenery sebagai salah satu kafe yang terkenal di Bandung rasanya sayang untuk dilewatkan. Perpaduan antara kopi yang nikmat, cake yang enak, musik yang mengalun indah, gemericik air yang lembut, hingga interior yang nyaman dan ruang outdoor yang memberikan pemandangan hijau, semuanya akan memunculkan pengalaman dengan nuansa yang berbeda dan menarik untuk dikunjungi.

Noahs Barn Indoor (3) Noahs Barn Indoor (4) Noahs Barn Outdoor (3) Noahs Barn Outdoor (4)