ARSITEKTUR ITB

Single Blog Title

This is a single blog caption
22 May 2016

Menunggu Dengan Nyaman

view dari arah pintu masukview dari arah pintu masuk

15213097 | Salsabila Putri Utami

Ruang pada foto tersebut berlokasi di EF jalan sunda tepatnya di dalam gedung pos indonesia. Luas keseluruhan dari ruangan tempat Les bahasa inggris ini tergolong lebih kecil dari tempat les pada umumya. Ruangannya terdiri dari front office, beberapa ruang kelas kecil berdinding kaca dan juga ruang tunggu. Sudah beberapa bulan ini saya rajin mengunjungi tempat ini, akan tetapi dari pertama kali saya mengunjungi tempat ini ruangan yang paling menarik perhatian saya adalah ruang tunggu.

Sebenarnya terdapat dua ruang tunggu di dalam EF Jalan Sunda, ruang tunggu setelah entrance yang biasa digunakan orang tua yang menunggu anaknya dan ruang tunggu yang menarik perhatian saya yaitu ruang tunggu di dalam yang biasa digunakan murid-murid yang menunggu jam masuk kelas atau menunggu dijemput orang tuanya. Ruang tunggu ini merupakan ruang transisi dari ruang publik ke ruang privat yaitu transisi dari ruang front office ke lorong menuju kelas-kelas yang ada.

Ruang Tunggu ini terdiri dari dua bagian yaitu bagian ruang tunggu dengan sofa kotak didekat tv dan bagian ruang tunggu dengan sofa di dekat tembok. Sofa yang terletak didekat tembok terbagi menjadi dua bagian dengan sekat yang terkesan menjadi sebuah bingkai dari ruang sofa tersebut.

bagian ruang dengan sofa dan meja

bagian ruang tunggu dengan sofa dan meja

Pertama kali saya mengunjungi EF Banda ruangan ini sangat menarik perhatian saya karena terkesan unik dan menyenangkan, sangat menggambarkan kesan yang ingin dibawa dalam proses belajar dan mengajar yang ditawarkan EF yaitu belajar dengan cara yang fun. Ruang ini seperti mengajak saya mencoba duduk menikmati suasana di dalamnya.  Ruang ini menggunakan lantai parket kayu dipadukan dengan warna dari tembok menciptakan kesan hangat seperti yang tergambar dari foto.

Kedua bagian dari ruang tunggu ini memiliki kesan yang berbeda. Bagian ruang dengan sofa dan meja terkesan lebih privat dan memiliki batas teritorialitas dari sekat kotak yang membingkainya. Jika duduk dibagian ini percakapan dengan teman akan terasa lebih nyaman karena suara bising dari ruangan lain tidak terlalu terdengar, ruangan ini juga terkesan tersembunyi karena tidak terlihat dari luar dan ruangan ini memiliki batas ruang yang jelas dari sekat yang ada. Sedangkan pada bagian ruang dengan sofa kotak berwarna merah dan biru lebih terkesan terbuka karena bagian ini dapat dipandang dari segala arah dan juga dapat memandang ke arah ruang kelas yang ada. Bagian dengan sofa kotak ini lebih banyak digunakan oleh anak- anak kecil sedangkan bagian sofa dengan meja lebih sering digunakan oleh anak SMA ataupun Mahasiwa.

view dari lorong kelas

view dari lorong kelas

Meskipun ruang tunggu ini tidak diperuntukkan untuk didiami dalam waktu yang lama tapi tidak sedikit orang yang senang berlama-lama di ruang ini untuk mengerjakan tugas karena ambiencenya yang nyaman. Jadi, menunggupun bisa dilakukan dengan nyaman bukan?