ARSITEKTUR ITB

Single Blog Title

This is a single blog caption
22 May 2016

Pantai Matahari Terbit

Eko Bagus Prasetyo | 15214051

Untitled-1

Seperti Lukisan: Pulang Berlayar

Pantai Sanur menjadi salah satu pantai favorit saya saat berlibur ke Bali. Jika bertolak langsung dari Bandara Ngurah Rai menggunakan mobil, waktu tempuh yang diperlukan untuk sampai ke pantai ini sekitar setengah jam perjalanan—diperkirakan jika lalu lintas cukup lancar. Terletak di bagian timur Kota Denpasar, Pantai Sanur memang sangat cocok dijadikan tempat untuk menikmati panorama matahari terbit di kala fajar. Tak heran, pantai yang masih asri ini diberi julukan Sunrise Beach, Pantai Matahari Terbit.  Ketika datang ke Pantai Sanur para wisatawan dapat menyaksikan keindahan saat-saat magic hour pada gazebo-gazebo kecil yang dibangun di tepi pantai.

Pantai Sanur memiliki ombak yang cukup tenang. Pantainya berpasir putih halus; terdapat juga batu-batu karang dan pohon-pohon peneduh yang tumbuh merindang menghiasi bibir pantai. Ketika menelusur pesisir pantai pernak-pernik laut yang kebetulan terbawa arus ombak bisa dijumpai di sini. Pemandangan beberapa perahu bercadik yang pulang berlayar pun dapat diamati saat hari mulai beranjak siang. Oleh karenanya, saya kira suasana khas pantai di Pantai Sanur masih terasa lengkap.

Keeksotisan Panorama, Romansa

Akan lebih bagus (rasanya) datang ke Pantai Sanur pada waktu pagi, menjelang matahari terbit. Namun, bukan berarti tidak ada hal menarik lainnya yang bisa disaksikan jika gagal berangkat pagi-pagi ke sini. Jika memang hari bercuaca bagus, Pantai Sanur menyuguhkan hamparan air laut berwarna hijau-kebiruan, terlihat berkilau oleh pantulan sinar matahari saking jernihnya. Karena air lautnya cukup dangkal dan ombak yang landai, pengunjung dapat berenang bebas atau berjalan saja beberapa meter ke tengah laut. Selain keindahan warna lautnya, pasir putih yang membentang di sepanjang pantai berpadu batu-batu karang yang menyembul di beberapa tempat sebagai aksen juga menambah keeksotisan Pantai Sanur. Keindahan alam ini pun dijamah dengan cukup baik oleh gaya arsitektural bangunan-bangunan penginapan di pinggir pantai yang diberikan sentuhan corak budaya Bali.

Untitled-2

Pemandangan ke Arah Utara

Untitled-6

Lepas Pantai

Kenyamanan: Fasilitas dan Kegiatan Berlibur

Pernah beberapa kali berkunjung ke Pantai Sanur tidak membuat saya benar-benar bosan untuk berlibur lagi ke sana. Di samping keindahan bentang alam pantai, saya pikir suasana yang tidak terlalu ramai di Pantai Sanur bisa menjadi pilihan destinasi berlibur dengan prioritas ketenangan. Jika ingin bermalam untuk beberapa hari, pengunjung dapat menyewa tempat penginapan dengan fasilitas penunjang lainnya: restauran, cafe yang banyak tersedia di sekitar pantai. Pengunjung pun dapat memilih berbagai jenis kegiatan rekreasi untuk dilakukan saat berlibur di Pantai Sanur. Jogging, snorkling, menaiki perahu, memancing, atau bersepeda mungkin bisa menjadi pilihan untuk bersenang-senang. Namun, jika menginginkan aktivitas yang lebih simple—seperti yang saya biasa lakukan, cukup berjalan-jalan di toko kerajinan atau pusat oleh-oleh juga bisa menjadi aktivitas yang menarik dilakukan setelah bosan memandangi pantai, tah?

Untitled-4

Memancing di Bawah Gazebo

Untitled-3

“Rumput Laut”